JUMANJI: Dulu dan Sekarang

Sabtu malam Minggu akhirnya tiba juga.
I didn't have any special thing to do, kecuali noton film.
Ya, sebenernya itu udah jadi kayak kebiasaaan setiap sabtu malem minggu nonton.
But, buat menuliskan ulasan itu baru kali ini.
Ya, I'm trying..

------------
Film pilihanku kali ini jatuh pada JUMANJI: Welcome to The Jungle. Film yang pertama kali rilis di bioskop akhir Desember tahun lalu ini menurutku adalah salah satu sequel film Jumanji yang ada di tahun 90-an. Ya ngeliat judul "Jumanji" itu pasti bukan suatu hal yang asing. Hampir setiap tahun, film itu diputar di tr*ns tv kalo udah masuk masa liburan, ya kan? wkwkwkwk


BOARD GAME VS VIDEO GAME
Nah, buat ngikutin perkembangan zaman, kalo di film yang lama Jumanji itu bentuknya board game, kali ini Jumanji di kemas dalam bentuk video game console lawas. Nah, cerita pembukanya sih masih sama, sekelompok anak yang gak sengaja nemu game itu, trus karena tertarik akhirnya coba buat main, dan akhirnya kesedot ke dunia game yang mereka mainin. Yang beda itu, kalo di film lawas mereka akan jadi diri mereka sendiri, sementara kalo yang ini mereka jadi karakter-karakter tertentu yang emang udah ada di dalam game.

well, cerita bermula dari empat anak usia sma, yang sebenerya gak terlalu memiliki hubungan satu sama lain. Mereka adalah Spencer si gamer jenius, Fridge pemain football, Bethany si popular girl yang addicted banget sama hp dan sosmed, dan Martha dengan karakter kayak aku punya -read: si ansos. wkwkwk

Jadi mereka itu masing-masing kayak dianggap bikin masalah di sekolah, terus sebagai hukuman mereka diminta buat ngebersihin salah satu ruangan gak terpakai di sekolahnya. Nah, disitulah Apencer gak sengaja nemu video game Jumanji. Ya, yang namanya jiwa gamer, ngeliat ada TV langsunglah dia colokin tuh video game buat dimainin.

Seperti yang udah ku bilang di awal, ada tahapan pilih karakter dulu. Karakter asli mereka dan yang mereka pilih di game bener-bener beda, dan itu lah salah satu hal yang membuat lucu,menghibur -menurutku, ya mskipun lucunya receh sih sebenernya.

THE RULE OF JUMANJI
Di game Jumanji kali ini gak terlalu terikat sama rule, intinya cuma: tiap karakter punya 3 nyawa dan buat bisa balik ke dunia nyata, they have to win the game! gak terlalu ribet seperti medel board game yang dulu, dimana tiap pemain punya giliran masing-masing dan selalu diikuti hal2 mengejutkan tiap kali mereka selesai lembpar dadu. Nah karena gak ada semacam giliran kayak gitu, ni film jadi  kesannya ya ngalir aja, dan kurang ada rasa "what's next" nya menurutku. ya, tetep sih, kehadiran hipo di awal sam panther lumayan bikin tegang, tapi buat over all masih kurang kalo dibanding film lawasnya.

Nah, kalo board game misinya adalah menyelesaikan permainan -sampai bener2 gak ada kotak tersisa, sementara model video game ini misinya buat ngembaliin green jewel ke tempat semula, yaitu: mata dari jaguar statue. Nah yang aneh itu, gini.. kan ada tokoh antagonis yang ngejar2 4 orang ini buat ambil jewelnya tapi itu menurutku kurang logis. Dengan kemampuan yang segitu hebat -bisa ngendalikan semua hewan di hutan itu sama punya anak buah dia masih aja gak bisa ngalahin 4 orang yang kekuatannya masih bisa dibilang cukup "manusiawi". wkwkwkwk.. ya balik  lagi, emang dasar sebuah film, tokoh utama protagonis akan selalu menang, titik.

FAMILY FILM???
Perjalanan adventure di film lumayan menarik ya meskipun tadi udah sempet ku bilang. Cuma ada yang ganggu yaitu.. hm, film ini gak bisa bener2 dipilih buat jadi family film. Ada beberapa wesite yang menuliskan kalo film ini salah tipenya family film, ditambah karena kurun waktu kemunculan film ini yang bertepatan dengan libur natal dan tahun baru. So, kenapa menurutku gak cocok disebut family film? ya, karena ada love story yang cukup berlebihan kalo buat ukuran family film -read: kissing scene. Kami -aku dan temenku yang onton film ini pun agak terkejut, gak ngira bakal ada scene seperti itu. Maklum kami masih polos, hahahahahaha... Beda dengan film yang lama, yang meskipun ada tokoh-tokoh yang terlibat kisah cinta, mereka gak sampe masuk ke scene sejenis itu.

ADA NICK!!! 
Hal lain yang bisa dibilang sama kayak film sebelumnya, yaitu kehadiran karakter "gagal" keluar di masa-masa sebelumnya, yang kemudian hadir membantu keempat tokoh utama. Julukannya sih.. "the missing piece" eak.. baper gue waktu denger ini. Apa lagi setelah tau siap sosok yang berperan jadi tokoh penolong mereka. Yup, NICK JONAS.. Waaaaa!! Long time no see. Hahaha.. aku sendiri sih emang cukup tertarik sama dia semenjak kemunculannya di Camp Rock, terutama waktu dia bawain Introducing Me di Camp Rock 2.. Hahaha.. kehadiran Nick itu cukup mengangkat nilai film ini di mataku -selain CGI yang jauh lebih bagus dari pada yang lama, hahaha..

IBRAH
Ya, as expected mereka berhasil menyelesaikan misi, dan kembali ke dunia nyata berkat kerja sama mereka. Salah satu ibrah yang menonjol adalah.. *cie pakek kata ibrah,wkwkwk maksudnya, pesan / hikmah yang paling menonjol dari film ini adalah kerja sama, belajar untuk percaya orang lain, dan selalu percaya kalo kita bener-bener tau kelebihan dan kekurangan kita masing-masing, lantas bisa memposisikan degan tepat, sure hasilnya yang keluar juga baik, mungkin satu lagi.. yaitu mau berkorban. ya sisitu ada scene tentang Bethany yang mau nyumbangin satu nyawanya buat Alex.

Kelima tokoh tersebut balik ke dunia nyata menjadi masing-masing sosok sebelum masuk video game. Ada suasana yang berubah, mereka berempat menjadi teman akrab, persoalan asmara Spencer dan si gadis jenius ansos terus berlanjut. Bad thing for me, Nick Jonas disitu gak lagi muda. wkwkwwk.. Also bad thing for Bethany, rasa sukanya ke Alex harus disudahi. karena di dunia nyata, Alex dikisahkan sebagai sosok yang lebih dewasa dai mereka berempat dan telah memiliki keluarga.

PASTIIN BUAT DAPET YANG FULL VERSION! XP
Ya, mungkin di atas sedikit ulasan tentang film Jumanji yang terbaru. Dan mungkin hal lain yang ingin ku ceritakan sebelum mengakhiri review kali ini adalah, me and my friend actually didn't know how's the film ending. Jadi bagian akhir dari film kita tuh kepotong, wkwkwkwk... gak sampek muncul credit tittle nya. Cuma sampek 4 tokoh itu ketemu Alex yang bawa anaknya. Udah. Hahaha. Miris, konsekuensi download film di situs nonton online gratisan tu ya gini..  tapi yang penting inti ceritanya dapetlah..

Well kalian bisa anggap ini basi, karena ini udah 2018 dan ulasan2 seperti ini atau lebih berbobot dari ini udah banyak di gugel. But, just want you to know.. I made this review just for fun, and spent my spare time di hari Senin malam ditemani gemericik air hujan.

Tengkyu for reading, don't forget to share your thought (saran, kritik, opini tentang film ini ataubahkan kasih tau ke aku kalo masih ada part penting di bagian film ini terutama di bagian akhir yang kulewatkan) by leaving a comment :)

Buat yang belum nonton, sempetin nonton ya... ;)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Idaman Jurnalis

Dongeng Malam Minggu ku...