Today's Breakfast : BURYAM

Hari Minggu, hari libur... 
It's time to have some refresh !!!
Ya, gak melulu harus berlibur ke suatu tempat yang ujung-ujungnya keluar duit banyak yang ujung-ujungnya malah bikin sedih. Gak jadi refresh.. nah, kalo aku pribadi sih, one of way to refresh my body and mind is by eating. Ya, I love eating!! Jadi, misal lagi ngerasa bad mood, i decide to eat something i want to eat or something i like. Ya, dan itu nggak berarti aku bakal beli makanan yang super mewah dan mahal di tempat-tempat yang instagram-able gitu. It's simple. just eat. apa yang ada, yang penting itu ngerasa bikin aku feel better.
Seperti hari ini, pagi-pagi udah ada yang ngajak aku ke Sunday Morning aka SUNMOR. Buat kalian yang berdomisili di Yogyakarta, terutama di Sleman, itu tempat yang gak asing banget. Ya, kalo sepemahamanku Sunmor itu sebenernya semacam area car free day, tapi ya nggak free dari car banget. haha.. banyak sih orang olah raga disana, jogging, sepedaan.. Tapi yang gak kalah banyak tuh pedagang.. hahaha.. ya, maybe later i'll writing more about sunmor. 
Nah, kaya aku nih, ke Sunmor bukan buat olahraga.. but buat jajan.. cari makan!!! to refresh my body and mind! dan disana banyaaaaaaaak banget pilihan menu makanan. Dan pilihanku jatuh pada BURYAM.... alias BUBUR AYAM
Menu buryam ku pilih karena ya.. menurut ku pas aja. Pagi-pagi, hawa Yogya hari masih agak dingin, udah lama gak makan buryam, dan sekalian sarapan. 


Sekilas BURYAM..

Buryam ini sebenernya udah tersebar luas di Indonesia. Entah apakah ini termasuk makanan khas suatu daerah aku uga nggak tau. Pernah tuh aku ngira ini makanan khasnya Jakarta. Ya gimana enggak, sering kita dapati penjual-penjual bubur ayam -terutama di daerah asalku, Jatim- yang menambahkan embel-embel kata Jakarta. hahaha... but, itu dulu. Nah sekarang, kalo dari hasil aku baca-baca beberapa artikel tentang bubur ayam, banyak yang berpendapat kalo makanan ini masih kerabat deket sama Chinese food. Ya, itu bisa diliat dari adanya cakwe dalam bubur ayam. Dan memang buryam ini agak beda dengan bubu-bubur khas Jawa, yang cenderung berasa manis dan gurih santan. 

Buryam yang banyak dijajakan biasanya dilengkapi dengan toping yang beragam -selain daging ayam itu sendiri tentunya-. Namun yang paling banyak ditemui adalah penambahan kacang tanah goreng, telur rebus, cahkwe, jeroan ayam, dan krupuk udang. kalo yang hari ini ku pesen itu buryamnya bener-bener yang sangat sederhana.. ya, sepadan dengan harga lah, kurang dari 15 ribu itu udah termasuk minumnya, teh manis anget. Tapi jujur itu udah bikin aku seneng. hahaha...
Cause happiness is simple. ya gak??

Health info terkait BURYAM  

       Nah, seperti hakikatnya kita mengkonsumsi suatu makanan, tentu kita berharap makanan yang kita konsumsi itu gak asal masuk ke tubuh dan bikin kenyang aja.. ya, sudah seharusnya kita mengkonsumsi makanan yang bisa memenuhi kebutuhan asupan gizi tubuh kita. Yang so pasti bakal ngaruh ke kesehatan kita juga. Lantas gimana dengan BURYAM??

Dalam semangkuk bubur polos, kurang lebih mengandung 138 kalori. Nah, kalo buryam -bubur plus ayam, telur, dan yang lain-lainnya itu jumlah kalorinya bisa jadi 290. Nah jumlah itu trnyata lebih rendah dari pada semangkuk nasi polos saja yang sebesar 242 kalori. Dan karena jumlah kalorinya yang termasuk rendah dan proses struktur berasnya yang udah sangat jauh sama awalnya, itu bikin cepet ngerasa lapar, terutama buat yang banyak aktivitas.(1)

Selain memperhatikan besar kalori yag terkandung dalam makanan. Hal lain yang patut diperhatikan adalah Indeks Glikemik makanan, yaitu presentase yang menggambarkan kemampuan suatu makanan untuk meningkatan kadar glukosa dalam darah. Semangkuk buryam (dengan berat 419 gram) memiliki IG sebesar 109,24%. (2) Dan presentase tersebut tergolong tinggi. Ya, seperti yang banyak kita ketahui, tingginya jumlah kadar glukosa dalam darah adalah salah satu penyebab utama terjadinya penyakit Diabetes Mellitus alias kencing manis. So, buat para penderita DM usahakan menghindari makanan ini ya.. dan buat yang nggak, konsumsi buryam sewajarnya aja ya, nggak usah berlebihan. Lebih baik mecegah daripada mengobati kan?

Sebenerya masih banyak lagi health info tentang buryam, tapi menurutku beberapa hal diatas yang paling menarik perhatianku, dan mungkin belum banyak diketahui orang. 
Dan mungkin banyak yang berpikiran, kenapa sih yang ditulis kok terkesan negatif poit aja.. Hm, aku juga nggak tau kenapa, but because it's interesting. itu aja.. aku gak bermaksud menakut-nakuti kalian biar gak makan buryam lagi. Aku sendiri gak bakal ninggalin buryam meskipun ada fakta2 di atas. But at least, menurutku dengan tau info semacam tadi bakal bikin kita lebih aware sama makanan yang kita konsumsi..
well, semua jenis makanan pasti memiliki kekurangn dan kelebihannya masing-masing. Jadi yang perlu ditekanin adalah jangan pernah berlebihan.. dan tau kapan waktu yang tepat kita bisa konsum itu makanan apa nggak.
Thank you for your reading. Keep eating, keep healthy, keep life...
don't forget to leave comment and wait for my next post. :)


source :
(1) https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/5-fakta-sarapan-bubur-ayam/
(2) http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/29542/1/Nadiyah%20Zhafirah%20Luvi-fkik.pdf
picture : dokumen pribadi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Idaman Jurnalis

JUMANJI: Dulu dan Sekarang

Dongeng Malam Minggu ku...