KONSISTEN MENULIS? SIAPA TAKUT!

Ini tulisan emang based on past event sih.. udah lebih dari seminggu yang lalu. 
Hm.. mungkin lebih tepatnya, 10 hari yang lalu.

Ya, karena ini bukan ku maksudkan sebagai straight news, jadi ya.. Terserah aku mau upload kapan kan.. hahaha #sorry ini sebenernya ngeles aja sih, karena dari kemarin masih malas nulis cepat-cepat jadi baru selesai.

Tapi, karena ku kira bakal bisa bermanfaat buat aku dan orang lain (hopefully), jadi aku maksa diriku sendiri buat menyelesaikan tulisan ini dan menguploadnya.. at least, mungkin kedepannya, disaat aku mulai malas nulis lagi, aku bisa cek tulisan ini, dan harapannya bisa semangat lagi.. 

Tulisan ini tentang salah satu problem yang nggak baru lagi sebenernya.. tapi aku ngerasa masih susah to deal with the problem. –And I’m pretty sure there’s many people also have to deal the same problem as mine (and perhaps it’s you, one of them), so, ya.. that’s also another why this topic is worth to read!

A BIG –AND REPEATEDLY QUESTION :
GIMANA SIH,  BIAR ISTIQOMAH A.K.A KONSISTEN MENULIS?

Nah ceritanya kemarin Kamis (25/6) sempat ikut live Instagram @tempo.institute yang ngabahas “Siasat Konsisten Menulis" with Qaris Tajudin –jurnalis Tempo. 


Mungkin diantara kalian ada yang berpikiran... yah, palingan bakal  itu-itu lagi, bosen lah.. 

Ya sih, topik semacam ini udah banyak di ulas dimana-mana, kadang aku pernah ngerasa bosen, karena.. kaya, ya udah, the tips didn’t work on me, buktinya aku kaya gak pernah bisa bener2 konsisten menulis haha.. but, entah saat itu aku kaya ngerasa harus nonton live ig nya Tempo Institute..

Di kesempatan tersebut beliau membagikan pengalamannya bagaimana mengahadapi problem diatas tadi. Dan yaaaa...

Alhamdulillah, dari situ aku dapat beberapa insight baru –belum pernah kudapat dari diskusi/event sejenis yang pernah ku ikuti sebelumnya, yang layak buat dicoba tentunya, hahaha.. 

Emang gimana sih kata bang Qaris???

Oke.. oke.. Aku bakal ceritain. Pastikan baca sampai selesai, baru kalian bisa menilai beneran itu-itu lagi atau nggak...

Kata Bang Qaris, biar bisa konsisten nulis itu caranya.....

1. Ya, kerja sebagai penulis!

Tentu alasan utama Bang Qaris bisa konsisten menulis, ya karena profesi dia menuntut buat selalu nulis. Kalo dia gak nulis, ya gimana bisa dapat duit. So, mau gak mau harus nulis! 

Ekstremnya, cari kerjaan yang emang menuntut kamu buat nulis!

(Waktu sharing bagian ini, serius ketawa-ketawa sendiri.. Ketika kebanyakan narasumber sejak awal akan jawab dengan hal-hal teknis dan serius, tapi Bang Qaris beda.. emang paling bener dah! Secara Bang Qaris kan jurnalis, kerjaannya bikin tulisan. Jadi, menulis itu sesuatu yang fardhu ‘ain –wajib banget buat dilakukan.

Some of you, then must be questioning like.. Tapi ya mosok semua harus jadi jurnalis, biar kayak Bang Qaris.. 

Jawabku:  lanjutin bacanya mangkanya!)

2. Bikin Big Project

Kalian biasa bikin konten tulisan untuk apa? Blog, Instagram, Facebook, atau sosmed yang lain? 

Nah, bikin komitmen ke diri sendiri, misalnya “saya punya blog yang harus diisi setiap hari atau seminggu sekali". 

Selanjutnya, buat mempermudah dapat ide, saat awal set komitmen tadi, sertakan juga tema tulisan yang diinginkan. Misalnya, “bulan ini saya mau ngulas kuliner favorit saya”. 

Untuk cari tema, pertama-tama nggak usah yang terlalu sulit, pikirkan hal yang dekat dengan keseharian aja atau yang sekiranya emang menarik minat temen-temen. Baru kalo udah terbiasa, kita bisa main dengan tema-tema yang lebih sulit, yang butuh riset lebih kalo mau menulisnya.

(Oh ya, terkait medium yang biasa untuk dijadikan mengunggah tulisan, Bang Qaris juga sempat ngebahas... )

Buat melatih dan menjaga eksistensi sebagai penulis, media yang pas sebenernya sejenis blog.. ya, intinya yang bisa muat tulisan agak panjang. 

Meskipun emang jaman sekarang orang gak baca tulisan panjang-panjang –mereka lebih tertarik dengan visual, liat aja sosmed yang makin hype di masyarakat : Instagram, YouTube, Facebook.

Solusinya gimana?

Nulis di blog, tapi jangan jadikan jumlah viewer sebagai motivasi utama. Ada 1 atau 2 orang lain yang mau baca, itu udah termasuk berhasil. Terlebih kalo dari orang yang baca bisa dapat manfaat dari yang kita tulis.

Another option, berpikirlah seperti ini.. adanya blog itu buat wadah pendokumentasian tulisan saya. Bisa lho, kumpulan tulisan dari blog kita dijadikan buku. Kan, diawal kita udah set tema.. Nah, kalo konsisten, misal nulis 6 bulan.. berapa tulisan yang udah kita dapat? Lumayan banyak! Nah, itu bisa jadi modal kita buat bikin buku. 

Kalo memang ingin sambil eksis di sosmed yang lebih ngutamain visual, misalnya instagram, kita bisa upload gambar yang mengilustrasikan tulisan dan beberapa kalimat pecahan dari tulisan kita untuk dijadikan caption.

3. Kuncinya Disiplin!

Siapapun narasumbernya, pasti  gak bakal lupa nyebutin poin yang satu ini!

Setelah set big project, misalnya kaya yang di atas tadi –bulan ini saya mau ngulas kuliner favorit saya, kita perlu buat perencanaan berapa banyak tulisan yang ingin dihasilkan. 

Lalu, jadwalkan kapan masing-masing tulisan harus upload. Dari situ kita bisa dapat gambaran, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi tiap tulisannya. 

Selanjutnya, tanyakan pada diri sendiri, kapan waktu terbaik bagi diri kita bisa optimal menulis. Bang Qaris waktu itu nyontohin sosok Haruki Murakami. Penulis best seller asal Jepang tersebut biasa menulis di pagi hari setelah dia melakukan olahraga. Kalo kita mungkin bisa milih waktu “selo" nya kita..  kalo pagi sekiranya mau disempatkan nulis, boleh.. kalo maunya malam, setelah pulang kuliah; pulang kantor, juga boleh.. bebas. 

Berikutnya, tentukan durasi waktu menulis. Kata Bang Qaris sih, satu jam tiap hari udah cukup. Itu berarti, selama kurun waktu sejam tadi kita harus fokus nulis, jangan melakukan hal-hal yang sekiranya mengalihkan fokus kita dari nulis. Buka gadget boleh, tapi asal emang untuk mendukung proses menulis kita. Maksimalkan waktu sejam tadi!  

Oh iya, untuk durasi ini tergantung sama masing-masing pribadi. Mau dibikin lebih dari sejam monggo... Yang tau kemampuan dan batasan kita cuma diri kita sendiri. Plus, sesuaikan juga sama berapa banyak tulisan yang udah ditargetkan di awal tadi. 

Jadi, kalo menurutku, di bagian ini kita dituntut buat jujur sama diri sendiri. Kita harus realistis, supaya bisa “mempertemukan” antara kemampuan dan kemauan kita. Kalo emang nyadar belum bisa nulis banyak di waktu yang sedikit, ya nggak perlu bikin target harus seminggu 3 atau bahkan setiap hari jadi satu tulisan “utuh” untuk di upload. Intinya jangan target itu jadi beban, dan malah bikin gak jadi nulis.. #ini aku banget sih soalnya..

Nah, itu tadi poin utama tentang kita dari Bang Qaris buat bisa konsisten menulis. 

Eit tapi tunggu... selain 3 poin utama di atas, Bang Qaris juga berbagi jawaban atas beberapa hal terkait tulis-menulis yang juga sering jadi pertanyaan. Kaya gini nih..  

*ini penjelasan Bang Qaris udah aku ringkas

## IDE UDAH BANYAK, tapi ga segera nulis, gimana?

Ketika ide muncul, segera catat di note.

Jadi Bang Qaris di hp nya ada note khusus yang isinya list ide-ide tulisan yang pengen ditulis. Kelompokkan ide baru tadi sesuai dengan genre yang udah dibuat. Kalo udah masuk waktu nulis , nah bisa di check di note, pilih mau nulis idea yang mana. Nanti kalo udah, jangan lupa kasih ☑. 

Kebanyakan orang nggak segera nulis, sebenernya bukan karena males, tapi karena TAKUT.

Setelah ngabahas hal teknis yang bisa dilakukan, Bang Qaris  sempat mengungkapkan pendapatnya, kalo selama ini banyak orang nggak segera nulis itu karena “KETAKUTAN" yang ada dalam dirinya sendiri. “Kita takut tulisan kita jelek, atau takut tulisan kita menghina orang lain". JANGAN INSECURE DENGAN TULISAN SENDIRI!

Kalo emang ada pemikiran seperti itu, segera hilangkan.. “tulis aja, selesai, terus posting. Misal ada kesalahan setelah posting, ya udah ga papa. Nanti bisa diperbaiki. Mangkanya pilihan media posting tulisan ini juga penting. Blog, medsos kan sekarang bisa diedit meskipun udah di upload. Ya, kecuali twitter”, kata Bang Qaris.

---sementara buat yang stuck ide, ga tau mau nulis apa coba check disini.

## Menulis butuh RISET?

Tulisan yang bagus emang perlu riset. Jenis riset tergantung dengan tulisan apa yang ingin kita buat. Misalnya, seperti saat ini, esai-esai ringan sedang banyak diminati orang. Jadi untuk itu sebenernya nggak perlu riset yang terlalu “berat". 

Jangan buat alasan nggak nulis karena riset itu susah! Jangan merasa terbebani dengan “riset”. Saat menulis, kita akan tahu apa yang butuh kita riset. Apa lagi dengan keberadaan internet sekarang, riset jadi sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Jadi, manfaatkan internet!

 ## PENTING VS MENARIK?

Mana yang harus dipilih, menulis hal yang penting atau yang menarik?

Buat Bang Qaris, 2 hal itu –penting dan menarik, bukan hal yang harus dipertentangkan. Sebisa mungkin tulis sesuatu yang penting dan menarik! Namun, perlu diingat kalau penting dan menarik itu hal yang relatif. Tiap orang punya penilaian masing-masing tentang apa yang penting dan menarik. 

Lantas gimana kalo mau menyampaikan hal yang menurut kita penting, tapi enggak bagi orang lain? Caranya, dengan teknik “bercerita". Dengan demikian, orang lain bakal bisa lebih tertarik dengan hal yang kita tulis.

## Tulisan ku kok bertele-tele, mbelibet, gak to the point?

Ketika menulis jangan berpikir itu bakal bertele-tele, udah nulis aja, selesaikan! Setelah itu, sempatkan buat proses editing. Baca lagi, kira-kira ada yang perlu diperbaiki atau nggak.

Jangan kita baru dapat satu kalimat, terus dibaca, ragu; ngerasa tulisannya ga pas, lalu dihapus... hm, kalo kaya gitu malah gak jadi-jadi tulisannya, yang ada malah stres duluan.

Selain itu, kita juga bisa bikin outline dulu sebelum nulis! Bikin outline ini biar ide-ide yang mau kita tuliskan itu nggak cuma muter-muter di otak. Caranya, poin-poin utama apa yang ingin disampaikan tulis aja.. lalu, coba urutkan poin-poin yang udah ditulis tadi. kemudian tiap item poin tadi dijabarkan. 

Ngomongin tentang tulisan yang mbelibet, kata Bang Qaris, itu sebenernya bisa jadi karena dua penyebab. Pertama, karena emang logika berpikir yang diulang-ulang. Kedua, penggunaan kata yang berlebihan. Kalo penyebabnya yang pertama, berarti solusinya emang harus banyak nulis! Karena nulis itu sebenernya juga ngebantu kita buat “mengurutkan" logika berpikir kita. Sementara kalo yang sebab kedua, itu bisa diatasi lewat proses editing. Setelah nulis, coba cermati juga adakkah bagian yang perlu dihapus, atau penggunaan kata yang mungkin kurang tepat. 

-----
Udah, segitu aja ya.. hehe

Meskipun sebenernya selama live masih ada bahasan lain yang diperbincangkan. Ya, since Bang Qaris is a journalist, of course we also talk about journalism and journalist work. Seperti tentang sikap skeptis jurnalis, pemilihan berita untuk diterbitkan, “kebenaran” suatu berita, dll. Tapi ku kira itu nggak terlalu perlu ku tuliskan disini.. ya karena aku maunya nulis cuma hal-hal yang berkaitan tentang konsisten menulis. Lol.

*tapi kalo kalian penasaran, tentang topik tersebut, let me know, tulis aja di kolom komentar, siappa tau bisa jadi pembahasan di tulisan berikutnya..hehe

Oke, sebagai closing, ada rangkuman pesan-pesan Bang Qaris yang perlu.. perlu.. banget.. buat selalu diingat:

Jangan takut buat nulis! Jangan takut di tulisan kita dikomen; dinilai jelek orang lain. 

Jangan takut dengan gaya tulisan kita sendiri.
Masing-masing jenis tulisan punya penggemarnya masing-masing. 

Jangan lupa, selalu berusaha untuk menebar kebermanfaatan dari apa yang kita tulis.

.....
Oh iya, jadi gimana, apakah ada insight baru yang kalian dapatkan dari pengalaman Bang Qaris di atas?

Atau kalian punya siasat lainnya yang patut dicoba?

Share jawaban kalian di kolom komen ya :)
Thanks!


Komentar

  1. Manfaat banget, kak, terima kasih✨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama2, seneng dengarnya.. terimakasih sudah membaca, check tulisan yg lain juga ya... ;))

      Hapus
  2. Waaah, terima kasih Siti! 💛
    Bakal dicoba nih sarannyaa😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, sama2.. semoga berhasil! Terimakasih udah berkunjung :))

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang medium itu Bang Qoris bahasnya gimana? bedanya medium sama blog, wordpress, dsb apaan?

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Idaman Jurnalis

JUMANJI: Dulu dan Sekarang

Dongeng Malam Minggu ku...