(Masih) Hari Bumi : Plastik Oh Plastik...


Minggu malam, 22 April 2018


Malam itu aku sama mbak NN berangkat buat belanja ke salah satu swalayan di Yogya. Seperti anak kos pada umumnya, kami belanja berbagai kebutuhan sehari-hari. Tidak butuh waktu lama mengitari deretan rak-rak berisi aneka kebutuhan sehari-hari, ya sebab kami telah menyusun apa-apa saja yang ingin kami beli. 

Maklum, kami mengakui belanja di tempat yang menyediakan segala kebutuhan sehari-hari itu juga jadi salah satu cobaan. Pasti aja ada kepengan untuk buat beli ini-itu yang ujung-ujungnya kalap, dan malah out of budget.. hahaha. Memahami betapa sedihnya situasi seperti itu menjadi alasan terbesar kami kenapa kami harus bikin list dulu sebelum belanja. Apalagi udah menuju akhir bulan kayak gini. Hmm.. yang anak kos pasti taulah...


Semua berjalan biasa-biasa aja, ya gimana sih namanya belanja.. Tapi kemudian sampai pada saat dimana aku begitu memaknai kegiatan belanja hari itu, tepatnya saat kami berada di kasir.

Waktu itu mbak kasirnya mulai mengeluarkan barang belanjaan kami dari keranjang. Diambil satu barang untuk discan, kemudian tangannya mulai meraih kantong plastik disisi lain meja kasir. 

Tiba-tiba mbak NN “Mbak, nggak pake plastik” sambil mengeluarkan sesuatu dari tasnya. Ternyata dia bawa shopping bag sendiri. ‘wah gila keren banget nih orang’ begitu batinku.




Ya, aku gak nyangka aja.. Ini pertama kalinya aku nemuin orang disekitarku yang kayak gitu. Kalo di rumah sih udah biasa liat ibu-mbah, atau beberapa saudara yang punya kebiasaan kayak gitu. Tapi untuk orang seumuranku, mungkin baru kali ini... aku sendiri jadi malu. 

Ternyat muat buat semua belanjaan loo...
Ya, aku ngelakuin kayak gitu kalo lagi di rumah, apalagi kalo bukan karena ada ibu yang selalu ingetin. Atau mentok aku biasanya gak minta kantong plastik kalo belanjaan sedikit.

Kalo agak banyak ya tetep pake plastik dari penjualnya, tapi terus plastikya aku lipet uyang rapi, disimpen, dengan harapan mungkin akan berguna suatu hari nanti.

Wkwkwk.. ya intinya yang mau aku tekanin, betapa niatnya Mbak NN gitu lo.. sampe dibelain bawa tas belanja sendiri. Ah, selalu orang ini.. bikin aku terinspirasi. Wkwkwk




Di perjalanan pulang, aku jadi bener-bener mikir..


Ya, hari Minggu, 22 April.. diperingati sebagai Hari Bumi. Dihari itu banyuak orang-orang diluaran sana yang pada bikin perayaan buat ngerayain Hari Bumi. Entah mulai dari yang paling simple semisal bikin status ‘Selamat Hari Bumi’ sampe ada yang turun ke jalan, ngumpulin masa ngelakuin campaign peringatan Hari Bumi. Emang banyak banget yang bisa kita lakuin buat save our Earth.

Salah satunya kayak yang dilakuin mbak NN tadi. Itu sesuatu yang simple, tapi menurutku dampaknya lebih nyata. Plus, apa yang dilakuin mbak NN buka cuma di hari Bumi aja, uitu udah jadi kebiasaan buat dia.

Well, hari Bumi sendiri emang sengaja ditetapin salah satunya biar kita pada inget how important to love our earth, why we need to save our nature. Udah pada sering denger kan tentang bahaya apa aja yang lagi dihadapin sama Bumi kita saat ini kan? Yup, banyak banget natural disaster yang nyatanya juga karena tangan-tangan jahil manusia –kita- yang tinggal didalamnya.

Kita ambil satu contoh. Plastik. Kita semua tau hidup kita gak bakal bisa jauh-jauh dari plastik. Dikit-dikit plastik. Sadar gak sebenernya plastik ini juga bikin masalah. Simple, misalnya kebiasaan kita belanja yang selalu pake kantong plastik, makanan-minuman kemasan plastik, atau aktivitas lain yang banyak pake plastik sekali pakai. Secara gak langsung itu pasti bakal nambah jumlah sampah plastik, iya kan? 

Buktinys, Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) pernah nyampein kalo dari total keseluruhan jenis sampah yang dihasilin penduduk Indonesia setiap harinya, 15% atau  28, 4 ribu ton berupa sampah plastik[1]. Bayangin gimana banyaknya... 

Sementara kita juga udah tau kalo plastik itu bukan termasuk sampah yang mudah terurai. Salah satu bahan baku plastik adalah poluyethylene, yang mana butuh waktu ratusan bahkan ribuan tahun biar bisa keurai. Kita gak bisa terus-terusan ngebiarin sampah plastik numpuk. Efeknya bisa bikin tanah sama air kita tercemar. Kalo tanah tercemar, tentu bakal ngaruuh ke tingkat kesubuan tanah. Sementara tanah menjadi salah satu elemen penting penghasil makanan sehari-hari kita. Terus kalo air yang tercemar.. lah, air minum kita gimana ??!! Cepet atau lambat pasti bakal ngaruh ke kesehatan kita juga!! 


Terus apa yang bisa kita lakuin???

Well, ini adalah sebuah cara lama... 3R: REDUCE, REUSE, RECYCLE
Semboyan 3R udah seriiiing banget kita denger, tapi kok kayaknya kita masih ‘budeg’ aja. Alias banyak yang gak peduli. Nih biar inget lagi, apa yang dimaksud 3R..


REDUCE
Ya kita harus ngurangi penggunaan sampah plastik. Caranya gimana? Satu contoh super simple: BRING YOUR OWN SHOPPING BAG!!! Gak usah malu atau gimana.. Gak ada ruginya kok. Jangan sampe kita malah mikir "Lah, itu kan udah hak kita" Hm.. please, jangan berpikiran pendek gitu deh. Yang penting itu, gimana kita bisa ngurangi jumlah kantong plastik! Jangan malah nambah. Yakin nanti itu plastik bakal dipake lagi, atau direcycle? Nah.. susah kan jawabnya. So mending balik ke opsi awal. KURANGI PENGGUNAAN PLASTIK. Oke, ku akui aku juga belum sepenuhnya nerapin itu...  tapi sejak ngeliat Mbak NN, aku jadi lebih termotivasi. Dan harapannya reader pun demikian...

REUSE
Pakai lagi! Nah contoh aksi realnya itu bisa ditunjukin lewat pemakaian peralatan yang berulang-ulang. Kayak kebiasaan pake botol minum senidiri. Meskipun botol kita dari plastik, tapi tentu jenis plastiknya beda, emang khusus yang bisa dipakai berkali-kali jadinya aman, gak bakal ngaruh ke kualitas air minum kita. Ya emang harga botol plastik yang semacem itu lebih mahal. Tapi, ya apa salahnya. Toh bisa untuk berkali-kali, dan coba bayangin berapa banyak sampah plastik yang bakal berkurang. So, gak ada lagi ya yang namanya ngerasa malu, dikira cupu karena bawa botol minum sendiri.. harusnya kita bisa lebih bangga, karena itu sebagai bukti keterlibatan kita ngejaga Bumi.

RECYCLE
Nah, kalo yang satu ini juga gak kalah menarik. Sampah plastik yang gak berguna.. ya namanya aja sampah. Dengan perlakuan tertentu, disulap menjadi produk lain, yang gak kalah bermanfaatnya. Misal sampah plastik bekas kemasan detergen, bisa disulap jadi tasbelanja. Lampion dari botol bekas. Kuncinyua adalah kreatif. Dan asal kegiatan recycle ini kalo ditekunin, beh.. malah banyak ngehasilin duit. Bener. Kalo kami pribadi -dirumah- sih, biasanya bekas botol-botol plastik itu dibikin pot untuk taman gantung.

Well, 3R itu sebenernya bukan cuma buat plastik aja ya.. 3R itu ada baiknya kita lakuin buat semua barang-barang kebutuhan sehari-hari kita. Ya, lagi-lagi.. sampah kan gak cuma plastik aja. Jadi, selalu inget prinsip 3R ya...

Dan selain 3R sebenernya juga masih banyak aktivitas lain yang bisa kita lakukan sebagai upaya kita untuk SAVE EARTH. Karena emang apapun aktivitasnya itu, yang penting KEISTIQOMAHAN nya. Alias dilakuin secara terus-menerus. Cause EVERYDAY IS EARTH DAY. Itu juga alasanku kenapa posting tulisan ini gak tepat pada peringatan Hari Buminya. Ya, masa peduli sama Bumi pas tanggal 22 April aja. Nggak kan? So, usahain semaksimal mungkin untuk selalu "Think and Act Green !!!" ya readers..

Oke, cukup. Thankyou for your reading. Let's share your green experience.. by leaving a comment :)





[1] M. R Pahlevi..2012. Sampah Plastik (file:///I:/Artikel%20plastic%20to%20o il/twit-sampahplastik.html)
some pictures belong to me, the others belong to google

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Idaman Jurnalis

JUMANJI: Dulu dan Sekarang

Dongeng Malam Minggu ku...