Ramadan, mau ngapain???

Assalamu'alaikum Warah matullahi Wabarakatuh...

Hai Allllll....

Ayo tadi salamnya udah dijawab belum?
Dijawab ya.. bagi seorang muslim, mengucap salam itu sunnah, tapi menjawabnya adalah suatu kewajiban. Ya kan? ya kan?? Hehehe

Okeh.. udah lama nih gak post. Do you guys miss me? >.< *Huekkk..
Maafken bercanda kok.. ya jujur aja gak kangen sama aku gapappa.. But I hope you guys miss my writing.. hihihi

Okeh ada banyak hal yang membuatku gak sempet posting, padahal ide tu banyak banget.. serius..
Tau dah akhir-akhir ini aku sok sibuk banget. Wkwkwk..

Okeh lanjut, postingan kali ini emang sifatnya sengaja dan fardhu a'in banget..
Karena aku udah gatel.. pengen ngetik.. dan momentumnya itu lhoooooo..

Bukan tentang huru-hara yang lagi banyak terjadi di berbagai tempat di Indonesia atau tentang peresmian kedutaan besar Amerika yang tentu menyakiti hati umat Islam..
Ya.. dibalik banyak musibah yang menimpa umat Islam akhir-akhir ini, mau ingetin aja.. selalu ada hal lain yang harus bisa bikin kita bahagia, selalu ada hal yang patut disyukuri..
Yaitu dengan datangnya bulan Ramadan...
Ramadan guys... finally.. Ramadan is coming!!!!
Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar..


Bulan yang dinanti-nanti semua muslim akhirnya datang!!!!
Ya, termasuk aku.. kalian tau bisa baca postingan ku sebelumnya yang ini >> click this yo!
Mungkin dari situ bisa cukup kasih gambaran gimana Ramadan menjadi bulan yang kunanti-nantikan

Dari berbagai sumber yang terpercaya.. dan emang udah pada tahu semua pasti..
Ya.. INSYAALLAH BESOK KITA MULAI PUASA.. BESOK, 17 MEI 2018 RAMADAN HARI PERTAMA..!!! Dan itu artinya malam ini kita TERAWIH!!! Hayo.. tadi pada terawih di masjid mana nih?.. hmm...

Well, memasuki bulan Ramadan ini aku yakin semua udah pada siapin "senapan", "perbekalan" ya kan?? Ya.. I mean mungkin salah satunya kaya kemarin pada bulan Sya'ban udah mulai banyak yang puasa, jadi biar gak kaget gitu.. dan emang itu juga yang dicontohkan oleh Rasullah Saw, beliau kan selain di bulan Ramadan juga banyak perbuasa di bulan sebelum Ramadan.

Atau selain itu salah satu bentuk persiapan mau Ramadan ini biasanya keliatan di yang kaum hawa.. hehehe.. ya semoga udah pada ditambal ya puasa Ramadan tahun lalu yang sempat bolong. Jangan sampe kita puasa Ramadan tahun ini, eh masih ada utang puasa Ramadan tahun lalu yang belum di bayar..

Nah, mungkin persiapan lain adalah mulai baca-baca lagi buku-buku tentang Ramadan, mendengarkan kajian tentang Ramadan.. ya semacam itulah.. Emang Ramadan itu ada setiap tahun, tapi kayaknya kajian menghadapi Ramadan juga selalu ada tiap tahun. Iya gak? Ya.. itulah spesialnya Ramadan.. dengan baca-baca, denger kajian.. diharapkan kita bisa menjalani Ramadan dengan lebih baik dan lebih baik lagi setiap tahunnya. Rugi dong kalo kualitas amalan kita di bulan Ramadan dari tahun ke tahun gitu-gitu aja... Nah buat yang kemaren belum sempet, gak ada kata terlambat kok.. yuk review ilmu tentang apa-apa aja yang berkaitan dengan Ramadan.

Nah.. Next yang paling penting... kan tadi udah ke-refresh lagi,gambaran mau ngapain aja di Ramadan pasti udah ada kan.. ya semacem amalan-amalan apa aja yang mau dilakukan, dan sebagainya.. Nah itu semua perlu banget buat ditulis!!! Jadi di bikin semacem "To-Do list during Ramadan". Kalo perlu dibikin jadwal rutinnya dari bangun tidur-sampe bangun tidur lagi.. ya itu sih tergantung selera mau model kayak gimana. Nah aku sendiri memang punya list-list apa aja amalan yang mau ku lakukan, dan target-target Ramadan tahun ini.. Itu udah kulakuin dari beberapa tahun terakhir, dan menurut ku itu cukup ngebantu. Ya, ku akui meski masih ada aja list yang gak kesampean.. Hm.. ya maklum aku sering juga bikin rule sendiri, eh aku sendiri yang break the rule.. hm,, Ya ku akui,kuhanyalah manusia biasa.. *ngeles dikit lah XD* Tapi, setidaknya dari situ, ada evaluasi, muhasabah.. dan itu bisa jadi bahan target apa yang mau kita capai di Ramadan tahun depan.

Buat yang belum, ya aku saranin pada bikin ya.. Tapi sekali lagi itu salah satu caraku yang terinspirasi dari banyak orang di luar sana untuk ngejaga biar bisa tetep jalan di koridor yang ada. Ya harapannya biar Ramadan kita bisa ada peningkatan. Mungkin ditengah biasanya udah pada mulai loyo, semangat luntur.. nah, dengan liat list itu tadi, insyaAllah bisa balikin semangat! Tapi kalo emang udah manteb tanpa bikin list gituan bisa rajin jalanin ibadah, yakin pasti ada peningkatan.. atau istilahnya udah bikin list gitunya di kepala, udah nempel-senempel-nempelnya.. ya gamasalah.. so, itu cuma SARAN ya guys...

Banyak banget ibadah yang bisa kita lakuin di bulan Ramadan.. Apalagi karena bulan Ramadan, otomatis pahalanya pada berlipat-lipat. So, yuk maksimalkan Ramadan. Jangan sampe Ramadan cuma sekedar dapet pahala karena nahan lapar dan haus.. tapi harus bisa lebih dari itu. Dan lagi.. dalam menentukan ibadah-ibadah Ramadan ada baiknya juga kita tau kemampuan kita. Jangan juga malah jadi beban buat kita.. misalnya nih pengen Ramadan bisa baca Al Qur'an 30 juz.. Bagus sih, tapi agak berat..  apalagi kalo kita-kita ini masih sehari-harinya baca Al Qur'an sekedar selembar-dua lembar..

And last but not least don't forget to always make special du'a for all our muslim brothers and sisters dimanapun mereka, terutama yang di wilayah-wilayah lagi konflik.. dan jangan lupa buat Indonesia juga.. Semoga bisa lebih ayem.. dan kedepannya baik-baik saja..
Cause it's Ramadan.. Dimana semakin besar peluang do'a kita dijabah oleh Allah SWT. IsyaAllah...


Thanks for reading..
Yuk buruan istirahat.
Nanti bangun sholat malam dan jangan lupa sahur :)
22.47


Don't forget to leave a comment..
share your experience about Ramadan planning or everything related Ramadan..
Happy fasting :)

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Idaman Jurnalis

JUMANJI: Dulu dan Sekarang

Dongeng Malam Minggu ku...