KERESAHAN LAMA GA POSTING: PENGEN NULIS, TAPI GA TAU APA!!!

Assalamu'alaikum..

Hello all !!!

YES, I AM BACK.
Since my last post on August, finally I AM BACK.
#FIRST POST IN 2019, YEAY!!

haha, setelah menghilang sekian lama...
akhirnya aku sempetin nulis dan posting buat blog.
Is there anyone who miss my writing? I am sure that the answer is NO.
ya, aku gak coba buat comforting my self, cuma mau realistis aja sih. 
kalian ketika baca pertanyaan tadi, pasti juga dalem hati punya jawaban yang sama. Just admit it, I am OK.

well, meskipun reader semua merasa demikian, aku bakal mastiin : you guys will read something beneficial from this post.. #semoga. Ya, aku bakal berusaha buat bikin reader sekalian tidak menyesal telah membuka postingan ini, meskipun pada awalnya buka blog ini tanpa maksud dan tujuan apapun, ya... cuma karena nothing to do, kepo aja, atau bahkan ga sengaja kepencet link blog aku. 

THIS IS MY FIRST POST IN 2019.
WHAT SHOULD I WRITE?

Hm, udah pengen banget nulis di blog. Tapi sempet bingung, mau nulis apa????
CONTENT! uh, susah banget buat mutusin apa yang mau ditulis. Kalian pernah gak sih, mau nulis, tapi bingung apa yang mau ditulis. Atau.. udah ada ide di kepala, tapi bingung harus mulai dari mana? ya, those coditions can be called as WRITER'S BLOCK.

Lantas gimana ngatasin writer's block?
Gimana sih biar bisa nulis lancar? gak pake ba bi bu, sekali duduk selesai..

hahaha.. sampai sekarang itu juga masih jadi pertanyaan buat ku.
In my opinion: NGGAK ADA FORMULA YANG PASTI...

ya, banyak artikel yang bahas tentang how to overcome writer's block. Ya, sometimes it can be the solution. But, semua balik lagi sama individu kita pribadi. Nggak semua yang mereka tulis bakal cocok sama pribadi kita, nggak seketika yang mereka saranin lantas bekerja ke diri kita. So, itu pinter-pinter kita aja sih buat ngepasin, cara mana yang kerja buat diri kita. Tentunya, kalo kata aku sih setelah masa trial and error. I mean, kita gak cuma baca tips-tips itu.. tapi juga coba satu-satu ngejalanin tips itu, sambil dirasa-rasain, itu tips cocok gak? mana sih yang bisa kita pake, kita terapin terus, jadi solusi menghilangkan writer's block kita.

Penting menurut ku buat coba-coba tips artikel, atau niru gaya orang lain sebelum kita nemu solusi yang pas buat diri kita sendiri. PENGINGAT AJA SIH, JANGAN SAMPE KAYA AKU!
beneran, aku suka coba buat baca-baca gituan, tapi semua berhenti di situ. Nggak ada aksi lanjutan. wkwkwk.. ya, aku sering banget, baca-baca buku-artikel-nanya orang lain tentang solusi ngatasin writer's block, tapi akhirnya ya udah.. jarang banget yang bener-bener aku terapin. haha..

ya, nggak semua sih.. cuma kebanyakan aku "ohhhh" in aja. Kecuali kalo lagi bener-bener niat. haha..

oke.. sepertinya secara gak langsung kita bisa rumusin...

GENERAL FORMULA : HOW TO OVERCOME WRITER'S BLOCK.

1. Niat
semua berawal dari niat. Ya, kalo emang lagi pengen nulis, kita harus niat buat nulis. bener-bener luangkan waktu buat nulis.. usahakan buat gak gampang ke distract.

oke, setelah buka laptop, atau ada selembar keertas kosong buat nulis, tapi kemudian gak tau yang mau ditulis... Ingat kalo tadi kita UDAH PUNYA NIAT. JANGAN BIARKAN KONDISI SEMACAM INI MENGALAHKAN KITA! 

karena kita ngerasa gak ada ide, gak tau mau nulis apa, mulai dari mana, JANGAN MENYERAH! DON'T CLOSE YOUR MS. WORD OR THROW AWAY YOUR PAPER.

2. Cari tau, HOW TO OVERCOME WRITER'S BLOCK.
instead of closing ms word or throwing your paper, mending buka mesin pencarian, buruan dah ketik, "cara mengatasi writer's block" Oke.. disitu bakal banyaaaaak banget muncul laman2 yang menawarkan solusi. Eits, JANGAN TERLENA! cukup buka 1-2 artikel, read them intensively. Ya, gak maksud membatasi rasa ingin tahu kalian, cuma.. takutnya kalo kebanyakan buka tab, malah bingung, dan endingnya bisa-bisa malah googling ngalor-ngidul. keasyikan berseluncur di dunia maya, eh malah ujung-ujungnya kita lupa sama niat awal kita.. Gak jadi nulis deh, hm...

OH, dan aku mau ingetin.. gak harus buka mesin pencarian sih, mungkin kalian punya buku ttg kepenulisan,atau bisa nanya ke orang-orang sekitar yang menurut kita top cer dalam urusan tulis-menulis.. #top cer? ngrti gak? haha.. intinya yang kaya udah jago gitu..

Nah, setelah tau, buruan deh.. ikutin langkah-langkah yang udah didapet tadi. SEMANGAT!

*REMINDER: ketika ngerasa cara yang di dapat dari baca artikel ata saran dari oranglain gak bekerja, PLEASE JANGAN SALAHIN MEREKA. kesalahan ada di kita... Harus sabar dan mau introspeksi, oke? hehe

2. WRITE EVERYTHING that comes up to your mind
habis 2 kok 2 lagi? well, kalian gak salah lihat.. dan aku juga emang gak salah nomerin ko. entar lah coba ku bikin bagannya. wkwkw. 

oke, maksud dari bagian ini adalah... ketika sudah ada NIAT. Kita bisa ke step ini. Gak peduli mau memeras otas sekeras apa.. yang penting tulis semua yang ada di pikiran. mau gugling2 dulu, kelamaan, yang penting tuliss aja.. 

Nah, cara ini bisa dipake, TAPI...
jangan pernah berharap tulisan yang jadi bakal punya kualitas yang bagus banget. 
Oke, ini juga reminder buat aku sendiri.. menyadari kemampuan menulis diri ini yang masih sebesar remahan biskuit R0m0, alias masih pemula... JADI metode ini sah-sah aja dipake buat tulisan yang tujuannya untuk hal2 selow2 aja... ya misalnya kaya bikin konten blog pribadi kayak punyaku ini.. wkwkwwk

#jujur, konten blog yang kalian baca ini hasil dari melaksanakan step 2 ini. Hasilnya? Asal jadi... Ini jauh banget dari ide awal yang terlintas di kepalaku. Haha.. biarlah, mungkin postingan selanjutnya ide itu bakal aku pake.  kualitas?? haha.. amburadul euyyy . Ya gak?

Tapi, sebenernya ini juga mash bisa diterapin sih buat misal keperluan garap tugas.. ya, misalnya suruh bikin esai, artikel, dllllll... bisa cara ini dipake, asal jagan mepet deadline.. Why? biar ada waktu buat review. Tulisan kita gimana sih? Perlu ada yang diperbaiki gak? bagian yang kurang mana aja? Tujuannya apa? Tentu biar nugas kita gak asal-asalan, jadi nilainya juga gak asal-asalan... Ya, pasti gak mau kan ada tugas, terus dapet nilainya pas-pasan? pasti semua pada pengennya nilai yang maksimal..

bagan-baganan, dibuat di "paint". hehe

*titik-titik dibagan isi sendiri ya...


Nah, udah gatau lagi mau ketik apa.. wkwwk..
writer's block mulai muncul lagi. dan berhubung ini udah mulai gak konsen..
daripada ngalor-ngidul semakin gak jelas, mending saya akhirin tulisan kali ini sampai disini..
hehe.. 

itu yang diatas sebenernya curhatan pribadi sih, formula tadi dasar banget.. wkwkw.. dan aku juga gak nentu pake yag tipe A atau tipe B.. #WAH MANA YANG A MANA B?? coba temukan sendiri.. hehe

last but not least, semoga tahun 2019 ini kita semua bisa lebuh produktif..
bisa lebih bayak nulis lagi, lebih sering updat blog.. hehehe
untuk urusan kualitas? semoga seiring berjalan waktu uga bisa naik..
yang penting nulis dulu, ya kan?? urusan bagus jelek? ya.. itu nanti.. lewatin dulu prosesnya. ya gak?

buat para reader yang sering nemuin kendala juga, yuk share..
buat yang udah punya solusi lebih manujur, wah boleh banget share juga..
atau kritik,saran tentang tulisan ini? wah.. boleh banget...

monggo semua pada leave comment :)
SEMOGA BERMANFAAT
thanks :)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Idaman Jurnalis

JUMANJI: Dulu dan Sekarang

Dongeng Malam Minggu ku...