Earth Hour : Malam Minggu Gelap-Gelapan


Bukan review film !

Kali ini beda dari biasanya, ya aku gak bakal review tentang film.
Soalnya Sabtu malam kemarin memang aku gak nonton film. WHY???
Karena LISTRIK DI KOS KU MATI !!! Alias padam.. 

Otomatis wifi jadi ikutan mati. Sementara aku kan spesialis nonton film online.. wkwkwkw. Jadi ya gak bisa lah nonton. “Lah kan nonton film yang udah download pake laptop bisa...  alasan aja.“ 

Hmm..  Iya, bisa..  Ada beberapa stock film yang udah ku download, but unfotunately batre laptopku gak bakal bertahan lama kalo buat nonton film, udah tinggal beberapa persen sob..
But, yang mau aku ceritain disini bukan keluh kesah tentang aku yang gak bisa melakukan rutinitas Sabtu malam Minggu ku.. 

tapi lebih ke “KENAPA SIH SEMALEM LISTRIK DI KOS KU MATI??”


Eits, jangan keburu di close ya.. lanjutin bacanya.
Mungkin kalian bakal nebak jawabannya adalah.. ya karena udah giliran mati listrik, dari PLN-nya.
Well, that’s totally wrong!!

Jadi, gini ceritanya....


20:40 – Mbak “NN” datang.

"Woi... matiin lampunya, pada matiin semua! Jangan ada yang nyalain elektronik” Deg, aku yang saat itu bersiap dalam posisi untuk nonton mendadak panik dengan instruksi Mbak Nn –salah satu mbak kos ku, nama sengaja disamarkan, haha. 

Ya, gimana gak panik, dia dateng-dateng masuk kos, masukin motor sambil teriak gituan. Langsung dong aku mikirnya, ‘wah ada apa nih, kok suruh matiin listrik, ada yang korslet kah? Atau ada apa?’

Tapi, aku tidak terlalu merespon, sebab kamar-kamar mbak kos ku yang dilantai dasar masih nampak menyala. Jadi kupikir ya mungkin mbak Nn cuma bercanda. Ya, dia memang tipenya kocak gitu, suka bercanda orangnya.  

Namun, tiba-tiba... “BUNGSU, MATIIN!!!” That’s totally shocked me. Aku langsung berdiri, dan mematikan sakelar lampu ‘ceklik’.  “Jangan lupa cabut wifi-nya juga!” tambahnya.

Aku keluar dari kamar, dan ku lihat di bawah, lampu mbak kosku juga udah pada mati.
Karena di lantai dua cuma ada aku –ya penghuni kos yang lain pada pergi, aku memutuskan untuk turun. 

Bayangin aja, masak iya aku diatas sendirian, udah laptop lowbatt, batre hp lowbatt, mau ngapain coba? Aku turun menuju salah satu kamar mbak kos ku. Disana ternyata ada Mbak Nn dengan lilin dan korek api di tangan.

Malam itu memang tidak banyak yang berada di kos, jadi beberapa kamar kos yang ditinggal penghuninya memang sudah gelap. Jadi, tidak sulit bagi Mbak Nn untuk membuat kami mengikuti arahannya.

Kami bertiga –aku dan dua mbak kos ku berkumpul ditemani dengan temaram cahaya lilin. Mencoba memecah keheningan, aku akhirnya memulai percakapan “Ada apaan sih mbak? Kenapa mendadak matiin listrik segala?” tanyaku dengan nada ya.. bisa dibilang sedikit ketus.

“hari ini tu Earth Hour bung...” jawab mbak Nn dengan nada meyakinkan. “ini tu bisa menghambat pencairan es di kutub, menyelamatkan bumi” tambahnya.

Sekilas tentang Earth Hour

Ya, aku jadi teringat. Gerakan sejenis ini memang sudah pernah ku dengar sebelumnya. Hal semacam ini nyatanya penting banget lho untuk dilakuin oleh semua orang, semua manusia di muka bumi. 


Seperti sedikit penjelasan mbak Nn, Earth Hour itu salah satu langkah buat SAVE OUR EARTH!
As we know, Bumi kita itu udah tua, dan mulai gak ramah lagi. Es di kutub mulai mencair, permukaan air laut naik, perubahan iklim terjadi, dan masih banyak hal lain yang tentunya itu bikin hidup manusia di muka Bumi ini gak nyaman dan bahkan eksistensinya terancam.




Well, sebenernya itu bukan salah Bumi yang jadi ‘gak ramah’ gitu. Itu semua ya, apalagi kalo bukan gara-gara mereka sendiri yang tinggal di bumi pada kurang tanggung jawab. Ya, kita manusia. Kita. Aku, kamu, dan mereka. sadar atau nggak, di zaman yang semakin berkembang itu membuat pola kehidupan manusia jadi berubah.

Kita banyak mengenyampingkan urusan lingkungan. Kita lebih fokus gimana bisa hidup enak secara ‘fisik’ kita –diri kita, kurang peduli sama lingkungan alam sekitar yang ternyata kena banyak dampak dari apa yang kita lakukan. ‘ah apa dih, lebay’ mungkin hati kecil beberapa dari kalian yang membaca ini berpendapat demikian. 

Tapi mari kita tengok lagi. Untuk listrik, kita emang sangat bergantung sama yang satu ini. Bersyukur dengan adanya listrik hidup kita jadi lebih mudah. Ya gak? Bayangin aja.. hampir semua alat-alat disekitar kita tuh make listrik men. 

Apalagi kayak yangseumuran sama aku, alias kids zaman now. Mana bisa lepas dari hp. Dan pasti dikit-dikit nge.charge. bayangin.. pagi, siang, malem, pasti ada aja saat kita buat isi daya telpon genggam kita.

Kita seolah terbuai akan kenikmatan itu. Listrik, terutama di Indonesia nih masih pakek bahan bakar fosil lho.. tau sendiri kan bahan bakar fosil itu karakteristiknya gimana? Butuh waktu berjuta-juta tahun untuk bisa jadi bahan bakar jenis ini. 

Dan hasil pembakarannya itu lho...  bisa biki efek rumah kaca aka GLOBAL WARMING. Kita semua tahu semakin kesini iklim semakin gak tentu, perubahan iklim itu memang wajar.. ya, iklim memang berubah. Tapi,menurut para ilmuwan kurun waktunya ini lho yang nggak wajar. 

Untuk bisa ngalami perubahan iklim biasanya itu butuh waktu yang lamaaaaaa banget, tapi sekarang mereka menemukan fenomena kalo perubahan iklim tuh semakin cepat dari normalnya, dan itu tentu bukan suatu hal yang baik. Banyak bencana alam yang terjadi disekeliling kita belakangan ini yang disebabkan oleh global warming. Hm, ngeri nggak tuh?

Jadi, meskipun penjelasan diatas cuma sekilas.. aku yakin itu semua udah cukup menggambarkan 
KENAPA BERPARTISIPASI DALAM EARTH HOUR ITU PERLU.

Balik ke keseruan Earth Hour ala kosan ku..

Penjelasan singkat Mbak Nn tadi bisa dibilang memuaskan. Ya, no more reason to say ‘NO’ buat gak ngelakuin aksi ini. Setelah pembicaraan singkat tentang Earth Hour kami megalihkan pembicaraan ke topik lain. Topik yang gak kalah seru dan menarik tentunya..

Ya, ijinkan aku buat sidikit lebay... aku ngerasa semalem adalah salah satu moment Q.TIME sama mbak-mbak kos ku –ya meskipun cuma dua orang. Kapan lagi gitu kita ngobrol dan tanpa hape di tangan, hah?? Jujur awalnya kayak, ‘ah bakal boring nih..’, ‘ sejam tuh lama’, ‘Males dah..’, ‘Mending tidur’..

Tapi nyatanya enggak.. we were quietly having fun last night. Ditambah ketika salah satu mbak kos ku yang baru pulang. Kaget dia melihat keadaan kos yang pada gelaaaap semua, sementara kos sebelah dan jalanan yang dia lewati terang benderang. Kamipun memberi penjelasan.. dan dia berkata “ah.. kalian so sweet banget sih..” .

Hahahaha.. ngakak dalam hati aku ketika dengerin kalimat itu muncul. Ya, kupikir dia bakal setengah mengjek-bercanda, semacam kayak ‘ih sok banget sih..’atau kayak gimana.. tapi ternyata malah kek gitu yang muncul. Wkwkwkwk.

Dia pun memutuskan untuk bergabung bersama kami. Suasana semakin syahdu ketika salah satu dari kami –lalu diikuti yang lain juga, menyanyikan salah satu saoundtrack The Greatest Showman, berjudul “A Million Dreams”...  Ah, that was so emotional.. kayak, berasa gimana gitu. Hahahaha.

AND FINALLY... WE COMPLETED THE MISSION!! 

Bahkan lebih dari sejam. Kan kalo di campaign posternya sama surat edaran tu kita wajibnya cuma sejam. 21.40 kita udah bisa nyalain listrik lagi. Tapi sampek jam 10 lebih, kita masih enjoy dengan suasana yang seperti itu. Earth Hour akhirnya harus berakhir karena lilin kami emang udah limit banget. Karena kita juga udah pada ngantuk, akhirnya pada balik ke kamar masing-masing deh..

Yup, aku sempet nyebut surat edaran.. Jadi karena nih event cukup penting dan perlu dilakuin wakil gubernur DIY-pun sampe bikin surat edaran, yang isinya menginstruksikan para warga DIY buat ikutan nih aksi.
Gambar tersebut aku dapat dari facebook Earth Hour Jogja.





Tentang Semalem...

I’m happy, ada rasa bangga juga bisa ikut partisipasi. Tapi yang lebih bangga lagi itu, karena sikap mbak-mbak ku.. ya, they’re such an inspiration. They give me many things to learn.. ya, sombong dikit. Kayaknya kos lain gak ada yang sampek ikutan even ini bareng-bareng gini deh, misalkan ada.. mungkin hanya berbatas pada ‘kesadaran individu’ .

Aku seneng dengan semangat mbak-mbak ku disini, ya terutama Mbak Nn.. yang istilahnya, mau meggugah.. coba kalo dia gak teriakin kita kaya semalem, apa iya aku bakal inget kalo ada Earth Hour. Ya emang bukan berarti aku bisa dengan mudah men-judge mereka yang gak ikutan aksi ini berarti gak cinta bumi, gak coba untuk hemat listrik. 

Tapi, ya semangatnya itu lho.. dengan ada aksi-aksi kayak gini kan maksudnya kita bisa bikin orang lain setidaknya lebih sadar.  Lebih lanjut, emang sih save listrik itu nggak cuma dilakuin lewat aksi ini. 

SETIAP HARI KITA HARUS MENGGUNAKAN LISTRIK DENGAN BIJAK. Sekecil apapun usah kita. Gak boleh seenaknya, metang-mentang bayar..

Ya, itulah sepenggal kisah ku semalem.. dan sebagai ganti dari posting review film minggu ini. Semoga bisa dapet hikmah –ya meskipin sedikiiiit banget. hahaha.. semoga bisa bermanfaat..

Jangan lupa, selalu gunakan listrik dengan bijak.
Penasaran lebih jauh entang EARTH HOUR, GLOBAL WARMING, SAVE EARTH,  dan hal-hal lain yang berkaitan dengan ketiganya?? Tunggu postingan selanjutnya... !! J

Thank you for your reading..
Jangan lupa tinggalkan sesuatu di kolom komen, please..
Bisa kritik, saran, dan bahkan sharing pengalaman yang serupa.
Ditunggu ya.. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Idaman Jurnalis

JUMANJI: Dulu dan Sekarang

Dongeng Malam Minggu ku...